PROGRAM MAGANG KE JEPANG

image

LOWONGAN KERJA PROGRAM MAGANG RESMI LUAR NEGERI DI JEPANG TERBARU 2018/2019

PUSAT PELATIHAN & PEMBERANGKATAN PEMAGANGAN KE JEPANG

Lowongan kerja prgram di Jepang Terbaru 2018 untuk pria dan wanita melalui jalur Depnaker kerja sama dengan IM JAPAN dan SWASTA (NON IMM) untuk jurusan SMK/SMA, D3,S1 jurusan keperawatan dan umum.

Pengentasan kemiskinan melalui lowongan kerja Magang di Jepang

Apabila kita mencermati struktur piramida penduduk di Indonesia, maka kita wajib bersyukur, bahwa Indonesia sedang menyongsong sebagai negara yang produktif yang ditandai dengan jumlah usioa muda yang sangat mendominasi, sayangnya Indonesia sebagai negara terbesar urutan ke 4 dunia (setelah China, India, USA) dalam hal jumlah penduduknya, belum terlalu banyak program pengentasan kemiskinannya. Program pengentsan kem,iskinan malah cenderung menjadi saran pencitraan jangka poendek dengan moidel “Bantuan Langsung Tunai’ atau BLSM.

Jika kita sadari dengan potensi penduduk muda sebesar Indonesia, jika dimobilisasi akan menjadi negara maju sekaligus makmur.

  • Dengan sarana kewirausahaan / Enterpreneurship, berapa jumlah orang kaya baru yang mentas melalui wirausaha dan asalnya adalah anak orang miskin, tentu banyak kan?..
  • Dengan sarana PENDIDIKAN yang berkualitas , silahkan disebutkan siapa saja orang kaya yang asalnya anak orang miskin dan berhasil mentas dengan sarana pendidikan? Yang kemudian menjadi pejabat, Direktur, Dosen, bahkan Pengusaha sukses.

Banyak sekali! Umumnya menempuh pendidikan dengan support biaya pendidikan dari ortu angkat, beasiswa, lembaga zakat,dll.

Apa langkah selanjutnya setelah anak-anak SMK, lulusan Akademi, luluysan S1 lulus? Mereka harus menjadi tenaga kerja yang produktif!

Apakah lowongan pekerjaan di Indonesia tersedia? Tunggu, siapa bilang mereka harus kerja di Indonesia? Mereka bebas memilih mau kerja dimana saja.

Mereka bisa bekerja di negara makmur yang usia mudanya sudah langka. Negara-negara semacam, itu sangat membujtuhkan tenaga kerja poroduktif.lowongan kerja selalu terbuka untuk pelamar kerja dari negara manapun.

Bagaimana cara mempersiapkan anak-anak lulusan SMK/Akademi/ S1? Menurut pengalaman, cara paling efektifadalah denagn magang pada industri-industri sesuai pencari lowongan kerja.agar lulusan magang berstandar Intenasional maka magnangnya bisa dengan memanfaatkan Lowongan Kerja Magang di luar negeri.

Artikel ini akan mebahas peluang Lowongan Kerja Magang di Jepang.

Magang Jepang tidak sama dengan kerja di Hongkong/Malaysia/ Taiwan dll.paling tidak masalah gaji dan keselamatan kerja.

Keselamatan kerja paling diutamakan oleh perusahaan Jepang, bisa dilihat dari standart perusahaan Jepang yang ada di Indonesia

Magang ke Jepang sebagai trainee selama 3tahun bekerja di bidang mobil, elektronik dll. Peserta yang mengikuti program ini bisa mendapatkan uang saku /gaji s.d 250ribu yen ( Rp 25 jutaan). Coba bandingkan dengan bekerja dfi Malaysia/ Taiwan/ Hongkong, bisa 3 kali lipatnya lebih besar jika mengikuti program Magang Jepang.

Bila peserta telah menyelesaikan magang selama 3tahun, mereka rata-rata ,membawa pulang Rp 300 juta s.d 400 jutaan, bahkan ada yang lebih dari itu.coba anda bekerja di Indonesia, miosalnya gaji anda 1,5 juta/bulan, butuh berapa tahun anda bisa mendapatkan uang sebanyak itu?

Selain mendapatkan uang saku, magang ke Jepang anda bisa menikmati keindahan/ wisata ke Jepang dengan biaya murah, karena biasanya hari sabtu/ minggu perusahaan di Jepang libur, jadi para trainee bisa main ke berbagai kota di Jepangdengan memanfaatkan sarana transportasi yang canggih seperti shinkansen (kereta api cepat), chikatetsu( kereta api bawah tanah).

Setelah 3 bulan sejak kepulangan dari Jepang, peserta masih menerioma nenkin (semacam asuransi) dari Jepang. Rata-rata berkisar 20jt s.d 50jt. Bukan hanya itu, ada banyak perusahaan Jepang di Indonesia yang menawarkan wawancara kerja dengan mantan kenshuusei( trainee dari Jepang) tsb.

Apakah kenshusei ( magang Jepang)? Siapakah kenshusei? Apa tujuan mereka? Apa misi mereka? Apa harapan mereka?

Trainee datang ke Jepang ditujukan untuk belajar teknologi, keterampilan, pengetahuankerja, industri dan belajar tentang kehidupan di Jepang. Setalh kembali ke tanah air diharapkan bisa menyumbangkan semua teknologi, keterampilan, pengetahuan yang didapat untuk membangun Indonesia, pada umumnya, lingkungan sekitarnya, keluarganya, minimal pasti buat dirinya sendiri.

Pasti….karena dipaksakan untuk hidup diJepang, secara tidak langsung pasti sudah melakukan proses belajar, orang Jepang sendiri bilang  “taihen”. Karena mungkin itulah hidup, perlu ditempa biar kuat.

Lalu bagaimana caranya agar bisa mengikuti seleksi magang ke Jepang?

Program magang Jepang merupakan program pemerintah DISNAKERTRANS RI bekerjasama dengan  IMM JAPAN ( IM JAPAN ) DAN YAYASAN / LEMBAGA SWASTA (untuk non IMM JAPAN ) untuk membearikan kesempatan kepada pemuda Indonesia belajar bekerja di Jepang yang berguna untuk meningkatkan sumber daya manusia INDONESIA yang nantinya bisa membangun atau menciptakan lapangan kerja sendiri di INDONESIA.

Dasar pelaksanaan PROGRAM MAGANG KE JEPANG

Memorandum of Understanding (MOU) antara Direktorat Jenderall Binalattas Kemennakertrans RI dengan The Associaton for International Manpower Developmentof Medium and Small Enterprises Japan ( IMM ) tanggal 16 September 1994 diperbarui dengan amandemen pada tanggal 1 Februari 2010.

 

   Manfaat magang kerja di Jepang adalah sbb:

  • GAJI – Gaji peserta minimal berkisar di 90 ribu Yen atau sekitar 10 juta dengan kurs mata uang Yen saat ini. Ini merupakan gaji pokok peserta magang bek=lum ditambahi gaji lemburnya. Pengalaman dari peserta magang di Jepang, setiap bulan rata – rata mereka menerima gaji sebesar 150 ribu Yen atau sekitar Rp 15 juta Rupiah. Selama 3 tahun dengan gaya hidup normal bisa menabung sebesar Rp 500 juta. Angka ini bisa berkali lipat ganda 2 sampai 3 kali jika selama pemagangan mereka banyak lembur dan hemat selama di Jepang. Angka fantastis untuk seorang anak muda yang tadinya tidak punya uang sama sekali.
  • PENGALAMAN KERJA STANDART INTERNASIONAL – Banyak sekali yang bisa didapatkan dari gaya hidup selama dfi Jepang. Kedisipilnan, habit tepat waktu, etos kerja keras, pola pikir problem solver, inovasi dan kreatifitas terhadap ide-ide baru yang cemerlang, kebiasaan dan budaya Jepang yang tentunya merupakan  ilmu dan pengalaman yang sangat berharga untuk menjadikan peserta magang yang berkualitas internasional. Menikmati salju dikala musim dingin, menikm,ati onogiri dibawah guguran bunga sakura dikala hanami, naik kereta supercepat shinkasen, naik gunung Fuji dan lain – lain merupakan pengalaman yang begitu indah untuk dibagi dengan para sahabat dan keluarga.
  • TUNJANGAN MODAL USAHA – Setelah selesai program magang kerja di Jepang selama 3 tahun dengan baik, peserta akan mendapatkan “pesangon”. Sehingga peserta yang hemat akan mendapatkan tabungan + pesangon.
    • NEXT LEVEL OPPORTUNITY – Umumnya saat keberangkatan, peserta magang kerja di Jepang berusia pada kisaran umur 20-26 tahun. Dengan menjalani program magang kerja selama 3 tahun maka saat mereka selesai program dan pulang pada usia 23-29 tahun. Usia yang masih sangat muda untuk mewujudkan impian – impian yang besar. Mereka bisa mendirikan usaha di Indonesia dengan modal uang dan modal keahlian yang dimiliki dari magang kerja di Jepang. Mereka juga bisa meneruskan kuliahnya, terserah mau kuliah dimana? Bisa di Indonesia, bisa di Jepang, atau di China. Bisa apa lagi? Bagi yang mau bekerja, mereka boisa menanamkan modalnya menjadi property yang produktif, kemudian mereka bekerja dipasar lowongan kerja internasional.

 

Dengan adanya UU Tenaga Kerja yang baru, peserta magang dari Indonesia mendapatkan hak yang sama dengan pekerja asli Jepang. Kesamaan hak itu mencakup gaji, jaminan perlindungan dan status sebagai tenaga kerja. Sehingga dengan UU Tenaga Kerja yang baru tsb, maka peserta Magang ke Jepang asal Indonesia mendapatkan jaminan perlindungan sejak tahun pertama sampai tahun ketiga yang SETARA dengan halk tenaga kerja warga Jepang.

Pemagangan adalah bagian dari pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di Lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung dibawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang lebih berpengalaman, dalam proses produksi barang/ jasa di perusahaan dalam rangka menguasai keteramp;ilan atau keahlian tertentu.

Untuk mengikuti / menjadi siswa ( peserta magang Jepang ) syarat- syaratnya adalah sbb:

1)      Min lulusan SMA/SMK, diutamakan D3, S1

2)      Usia 18- 26 ( wanita / pria)

3)      Sehat Jasmani dan Rohani

4)      Tinggi min 155cm ( wanita ) 160cm ( pria ) , berat badan ideal.

5)      Tidak bertatto dan tidak bertindik

6)      Tidak memiliki riwayat penyakit dalam seperti : TBC, Kanker, Asma, Jantung, hepatitis , Diabetes, dll.

7)      Bersedia mengikuti pelatihan bahasa dan budaya Jepang sampai saat diberangkatkan di Lembaga Sending ( SO ) yang dituju.

8)      Memenuhi standart medical check up.

 

Prosedur Magang Jepang

  1. DIKLAT SELEKSI PUSAT
    1. Seleksi Dokumen

Siswa mengirimkan surat lamaran magang, setelah lolos akan dipanggil untuk mengikuti tes Interview, seleksi dokument, psykotest, Medical Check Up, FMD, dan Tes Matematika Dasar, kemudian ditetpakn untuk mengikuti pendidikan magang Jepang.

  1. Pendidikan dan  Perlatihan Program Magang Jepang, materi meliputi
    1. Bahasa Jepang standart N5, N4, N3
    2. FMD ( lari, push up, shit up )
    3. Pelatihan kedisplinan, cara hidup dan mental.
    4. Matematika  ( materi matematika sekesi IM Japan)
    5. Sheikatsu Benkyo ( kehidupan, budaya di Jepang, manajemen keuangan,dll)
    6. Tehnik wawancara dengan User Jepang.
    7. Pra Medical Check Up
    8. SELEKSI DENGAN USER DARI JEPANG

Seleksi dengan User Jepang swasta terdiri dari 2 sistem :

  1. Seleksi dengan User Jepang

pada proses seleksi ini, calon trainee langsung bertemu dengan pihak User dari Jepang. Biasanya calon trainee harus punya keahlian tertentu misalnya autocad, pengelasan, CNC dll. Proses seleksi ini butuh waktu 3-4 bulan ( sejak lolos seleksi ) sudah bisa berangkat ke Jepang.

  1. Seleksi Dokumen

Pada proses seleksi ini, calon trainee tidak perlu melakukan wawancara langsung dengan pihak Jepang, hanya pihak pengirim mengirim dokumen ke Jepang. Dokumen yang dipilih akan diproses oleh perusahaan penerima di Jepang dan biasanya calon trainee tidak perlu memiliki keahlian tertentu. Proses seleksi ini butuh waktu antara 3 s.d 6 bulan ( sejak pengiriman dokumen)

  1. Medical Check Up

Seleksi medical meliputi : darah, rontgen, urine, feses, visus, fisik dokter

  1. DIKLAT KEBERANKATAN / KONTRAK MAGANG DENGAN PERUSAHAAN JEPANG

Siswa setelah lolos tahap ini, peserta langsung pendidikan untuk persiapan pemberangkatan dan tanda tangan kontrak perusahaan Jepang ( siswa harus mempersiapkan paspor )

  1. BERANGKAT KE JEPANG

Menyelesaikan kontrak magang kerja selama 3 tahun.

BAGI ANDA YANG MEMENUHI QUALIFIKASI, PENDAFTARAN DAPAT DILAKUKAN SECARA ONLINE.

www.dutamandiriindonesia.com/admin

Kantor Sekretariat DUTA MANDIRI INDONESIA FOUNDATION

Jalan Kapten Pattimura gang 4 No.49

Tulungagung- Jawa Timur, 66216

Telepon  : 0355- 7621559 / 082232946450

Website  : www.dutamandiriindonesia.com/admin

Pergunakanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya karena program magang Jepang hanya berlaku 1 kali seumur hidup, bandingkan hasilnya dengan menjadi TKI di negara lain, berdasarkan hasil survei, komposisi gaji TKI terbesar di kisaran Rp 1,5 – 2 juta, dan Rp 1- 1,5 juta. Dengan asumsi kurs Rp10.000 per Dolar AS, sebagian besar TKI bergaji antara US$ 100-200 perbulan. Dan bandingkan pula hasilnya ketika anda ingin bekerja di Indonesia yang menuntut pendidikan D3/Sarjana dengan asumsi gaji pegawai 3jt/ bulan ( dengan biaya untuk pendidikan D3/S1 selama kurang lebih 3-5 tahun sekitar 30-50 juta) Anda membutuhkan waktu sekitar 15 tahun untuk mendapatkan hasil yang sama atau lebih kecil dengan mengikuti Program Magang di Jepang selama 3 tahun ini, yang hanya membutuhkan ½ dari biaya kuliah sarjana D3/S1, itupun bisa langsung balik modal hanya dengan 1-2 bulan gaji.

 

 

 

 

 


Mon, 30 Jul 2018 @13:04


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
Copyright © 2019 DMI FOUNDATION · All Rights Reserved
powered by sitekno