Lokasi Magang kerja di Shinkashiwa, Jepang.

image

Jepang diperkirakan membutuhkan banyak tenaga perawat ( careworker ) dari berbagai negara pada masa mendatang. Indonesia termasuk salah satu negara yang mendatangkan perawat ( careworker ) ke Negara Sakura.

Saat ini Jepang sudah memiliki perjanjian kemitraan ekonomi dengan Indonesia dimana Jepang menerima 1.000 Perawat untuk diberikan pelatihan. Cepatnya pertumbuhan penduduk berusia lanjut menjadikan masalah keperawatan sebagai hal penting dimasa depan.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kesehatan (Kemenkes ) Oscar Primadi mengatakan, jumlah penduduk lansia di Jepang terus meningkat seiring dengan meningkatnya derajat kesehatan dan usia harapan hidup.

Untuk dapat bekerja di Jepang, para perawat diseleksi terlebih dahulu di Indonesia. Bagi mereka yang lulus seleksi lalu dilatih Bahasa Jepang di Indonesia selama enam bulan dan kemudian diberangkatkan ke Jepang.

Di Jepang, mereka dilatih lagi Bahasa dan budaya Jepang selama 6 bulan lagi dilembaga resmi yang berada di Tokyo, Nagoya, dan Osaka, untuk selanjutnya ditempatkan di berbagai Rumah Sakit Lansia di seluruh Jepang.  

Tue, 28 Aug 2018 @11:26


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
Copyright © 2019 DMI FOUNDATION · All Rights Reserved
powered by sitekno